
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo sukses menyelenggarakan kegiatan lomba bertutur tingkat SD / MI se-kota Probolinggo pada tanggal 19 – 20 Mei 2025. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Puri Manggala Bhakti Kantor Pemerintah kota Probolinggo.
Dinas Perpustakaan
dan Kearsipan Kota Probolinggo sukses menyelenggarakan kegiatan lomba bertutur
tingkat SD / MI se-kota Probolinggo pada tanggal 19 – 20 Mei 2025. Kegiatan
tersebut diselenggarakan di Aula Puri Manggala Bhakti Kantor Pemerintah kota
Probolinggo.
Acara
dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota
Probolinggo Bapak Agus Rianto,S.STP,M.Si. Dalam sambutannya, beliau berharap
acara lomba bertutur tingkat SD / MI se-kota Probolinggo berjalan lancar, dan
melalui kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca, membentuk karakter anak
sejak usia dini melalui bahan bacaan, serta membangun imajinasi anak sehingga
dapat menuliskan ide dan gagasan yang kreatif.
Jumlah peserta lomba bertutur tahun ini sebanyak 79 peserta perwakilan dari SD / MI negeri maupun swasta se-Kota Probolinggo. Para peserta membawakan beragam cerita lokal kota probolinggo secara menarik dan ekspresif. Setelah seluruh peserta tampil , tiga dewan juri yaitu Dra. Agus Windarti M.Pd, Drs. Agus Mariono, dan Aryzana Maharani,S.Pd AUD memutuskan dan mengumumkan enam pemenang lomba. Juara I diraih oleh Azra Bellvania Riansyahbana dari SDN Kanigaran 1 dengan skor 959, juara II diraih oleh Nafisa Dwi Maulidia dari SDN Sumber Taman 1 dengan skor 950, juara III diraih oleh Talita Putri Alfianti dari SDN Sukabumi 10 dengan skor 943, Juara harapan I diraih oleh Zayba Ghumaisha Karim dari SDN Mangunharjo 1 dengan skor 935, juara Harapan II diraih oleh Aisyah Rizky Amalia dari SDN Sukabumi 2 dengan skor 928 dan juara Harapan III diraih oleh Muhammad Al Fath Zain Firdaus dari MI Kahasri dengan skor 915.
Lomba
bertutur tahun ini berlangsung dengan lancar dan meriah. Kegiatan ini
diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi serta mendorong anak-anak
untuk terus gemar membaca dan mengembangkan kemampuan bertutur, sekaligus
memotivasi mereka untuk terus mengembangkan kemampuan literasi.