^Back To Top

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

  
  
  

CUCURAN AIR MATA VETERAN DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN

Suasana pagi usai Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan tahun 2016 di Taman Makam Pahlawan, Kota Probolinggo, berubah menjadi haru. Disaat air mata para veteran mulai bercucuran tak mampu dibendung karena terngiang masa masa perjuangannya. Salah satunya, Soewarji (69), veteran yang pernah bertugas di Irian barat dan daerah perbatasan Tim-Tim.

Kepada Suara Kota , Soewarji menuturkan kisah hidupnya saat menjadi seorang prajurit yang di tugasi sejak tahun 1966 untuk menjaga NKRI. Pada masa perjuangan itu ia mengungkapkan betapa beratnya tugas yang diemban. Untuk itu, ia berharap para generasi muda khususnya pelajar, agar senantiasa meneruskan perjuangan para Pahlawan dengan belajar dengan sungguh-sungguh.

“Saya, ingin generasi muda rajin belajar, sekolah yang baik”, pesan pria bertubuh tegap ini. Meski sudah berusia senja, semangat juang Soewarji seolah tak pernah padam. Ia sangat bersemangat untuk aktif dalam kegiatan bersama di bawah naungan Legiun Veteran Republik Indonesia.

akan tetapi lagi - lagi air mata Soewarji kembali menetes. Ia bercerita bahwa pada tahun ini, Ia mengaku mengalami kesulitan untuk membiayai operasional kegiatan bersama rekan sejawatnya. “Sebelumnya ada bantuan berupa Sembako, Baju seragam, serta dana hibah dari Pemkot”, ucapnya.

Menghadapi kondisi yang demikian, Soewarji bersama pengurus yang lain menggalang dana dari para donator yang selama ini telah banyak memeberikan sumbangsihnya. “ Pak Damdim, Pak Kapolresta, beberapa pejabat Pemkot, alhamdulillah masih peduli kepada kami”, ungkapnya saat diwawancarai seusai upacara (oke)

Copyright © 2016. Pemerintah Kota Probolinggo  Rights Reserved.