^Back To Top

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

  
  
  

Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah suatu kerangka yang menunjukkan semua tugas kerja untuk mencapai tujuan organisasi, hubungan antara fungsi-fungsi, serta wewenang dan tanggung jawab setiap anggota organisasi yang melakukan tiap-tiap tugas kerja.

Struktur organisasi diperlukan untuk memberi wadah bagi tujuan, misi, tugas pokok dan fungsi.  Dimana fungsi yang diselenggarakan harus dilembagakan agar memungkinkan berlakunya fungsionalisasi yang menjadi landasan peningkatan efisiensi dan efektifitas organisasi.

 

 

Sejarah

Berdasarkan Perda Kota Probolinggo No. 23 Tahun 2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Probolinggo, memutuskan Keputusan Walikota Probolinggo tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Arsip Daerah sebagai lembaga teknis Daerah yang mempunyai tugas membantu Walikota dalam penyelenggaraan Pemerintah Kota di bidang Kearsipan Daerah.

Perpustakaan Umum Kota Probolinggo secara yuridis terbentuk pada tahun 2001 berlandaskan pada Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 22 Tahun 2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Probolinggo.

Terbentuknya Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Probolinggo merupakan hasil mergerisasi 2 lembaga teknis yaitu Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Umum pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  dengan Kantor Arsip Daerah Kota Probolinggo berlandaskan Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 4 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Probolinggo.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Probolinggo berubah nama menjadi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 7 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Probolinggo. 

Pada Tahun 2017 Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo mengalami perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja baru dari Kantor berubah menjadi Dinas Type B yaitumenjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo,berdasarkan pada Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 7 Tahun 2016 tanggal 23 Nopember 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Probolinggo serta berdasarkan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 100 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo memiliki 3 Gedung yang berbeda lokasinya, Kantor & Depo Arsip di Jl. Letjen Sutoyo No.03 Telp. (0335) 424224, Perpustakaan Umum di Jl. Trunojoyo No. 03 Telp. (0335) 433170 dan Taman Baca di Jl. Slamet Riyadi No.18 Telp.(0335) 432437.

KEARSIPAN

Jenis Layanan Kearsipan :

  • Layanan Informasi Kearsipan

Layanan informasi untuk kegiatan penelitian, penelusuran arsip yang bersumber dari arsip dinamis inaktif dan arsip statis.

  • Layanan Konsultasi Kearsipan

Melayani konsultasi untuk membantu menyelesaikan permasalahan kearsipan, sejak dari tata persuratan, pengurusan surat, pengelolaan arsip aktif, penanganan arsip inaktif sampai dengan penyusutan arsip/dokumen (termasuk penyusunan JRA)

  • Layanan Sistem Kearsipan

adalah layanan penyusunan sistem dan pedoman kearsipan serta berkaitan dengan penerapan peraturan-peraturan kearsipan

  • Layanan Pembenahan/Penataan Arsip

Membantu merekonstruksi/menata ulang dan melaksanakan pembenahan/penataan arsip/dokumen kacau  secara tepat dan benar baik fisik maupun informasinya. Hasil dari pembenahan arsip/dokumen adalah tertatanya fisik dan informasi berupa daftar sebagai jalan masuk untuk penemuan kembali arsip/dokumen yang dapat dibuat secara manual maupun elektronik

  • Layanan Penyimpanan

layanan jasa penerimaan dan penitipan arsip di ruang depo penyimpanan dengan sarana dan prasaranan kearsipan yang memadai.

  • Layanan Pemeliharaan / Perawatan Arsip

Layanan jasa perawatan arsip/dokumen meliputi perawatan arsip /dokumen, fumigasi, laminasi arsip/dokumen tekstual/kertas yang telah rusak/rapuh, dan penjilidan arsip/dokumen serta pengujian arsip konvensional.

  • Layanan Pemeliharaan dan Perawatan Pusat Arsip/Dokumen

Bagi organisasi pemerintah maupun swasta yang sudah memiliki pusat arsip/dokumen sendiri, Pusat Jasa Kearsipan memberikan layanan jasa dalam pemeliharaan dan perawatan pusat arsip/dokumen.

Kontak Kami

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo memiliki 3 (tiga) gedung yang berbeda lokasinya :

Sekretariat/Depo Arsip  :  Jl. Letjen Sutoyo No. 3 Telp./Fax. (0335) 424224;

Perpustakaan Umum    :  Jl. Trunojoyo No. 3 Telp. (0335) 433170;

Taman Baca                 :  Jl. Slamet Riyadi No. 18 Telp. (0335) 432437 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sumber Daya Manusia

Berhasil tidaknya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo yang merupakan suatu instansi pelayanan masyarakat yang bergerak dalam bidang informasi, ditentukan oleh sumber daya manusia yang mengelolanya, dalam hal ini adalah staf di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo. Melalui merekalah sumber-sumber informasi yang dimiliki perpustakaan dan arsip dapat dihubungkan dengan Pemustaka (pengguna perpustakaan) maupun masyarakat  yang membutuhkan informasi.

Jumlah pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo pada saat ini sebanyak 41 orang dari beberapa latar belakang pendidikan, yang terdiri dari :

No.

TINGKAT PENDIDIKAN

JUMLAH

JUMLAH

PNS

CPNS

KONTRAK

PTT

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Strata 2 ( S-2)

Strata 1 (S-1)

Diploma 3 (D-3)

Diploma 2 (D-2)

SMA / Sederajat

SMP

SD

6

5

4

 

15

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

9

1

 

JUMLAH

30

-

1

10

41

Copyright © 2016. Pemerintah Kota Probolinggo  Rights Reserved.